0_1408526789-t

Dukcapil Kewalahan Lawan Calo

Lombok Tengah – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Tengah (Loteng), mulai kesulitan melawan para calo. Penyebabnya, karena masyarakat memanfaatkan jasa mereka. Padahal, pelayanan dokumen kependudukannya relative mudah dan gratis.

“Saya melihat, masyarakat kita maunya yang instan-instan saja. Tidak mau berusaha sendiri, “sindir Kepala Dukcapil Lombok Tengah HM Darwis. Potret semacam itu, diakui Darwis terjadi setiap hari di kantornya. Para calo bertebaran dimana-mana. Di satu sisi, Dukcapil mengaku telah berusaha meminimalisir. Di sisi lain, masyarakat memberikan peluang sehingga, kalau ada yang merasa membayar, itu karena menggunakan calo. “jangan salahkan kami,”tegasnya.

Prinsipnya, tekan Darwis seluruh pengurusan dokumen kependudukan di kantornya gratis alias tidak dipungut biaya. Mulai dari e-KTP, kartu Keluarga (KK), AKta Kelahiran hingga Akte Kamtian. Prosesnya pun hanya beberapa jam saja, tidak sampai berhari-hari, berminggu-minggu apalagi berbulan-bulan. Kecuali, lanjutnya menyangkut e-KTP. Karena, sewaktu-waktu blankonya kosong. Sehingga, harus menunggu. Namun, Dukcapil menerbitkan surat keterangan pengantar e-KTP.

“Kalau masyarakat menggunakan jasa calo, maka kami tidak bisa berbuat banyak,”sesal Darwis.. yang penting, pihaknya sudah menghimbau. Selebihnya, menjadi tanggung jawab masyarakat itu sendiri. Kalau syarat pengajuan dokumen kependudukan lengkap tambah Darwis maka tidak ada alasan Dukcapil, tidak mempercepat dan mempermudah prosesnya, tidak ada yang dipersulit dab berbelit-belit. “Solusi terbaik, masyarakat mengurus sendiri saja. Jangan titip kemana-mana,”seru Kabid Pendaftaran Penduduk Dukcapil Loteng Zainudin, terpisah.