h-darwis-30celmtg9fae54f5l6874a

DUKCAPIL BUKA PELAYANAN DI MANDALIKA EXPO 3S, KK DAN AKTA ‘’SEHARI JADI’’

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lombok Tengah akan ikut ambil andil di kegiatan Mandalika Expo Sholah Sholeh Sholoh (3S) di eks PTP Puyung.

Rencananya Disdukcapil akan ambil satu stand untuk membuka pelayanan, seperti perekaman e-KTP, pembukaan KK dan Akta.

Kepala Dinas Dukcapil Loteng, H. Darwis mengatakan, dalam rangka kegiatan Mandalika Expo 3S, pihanyaa akan mengambil satu stand untuk membuka pelayanan, seperti perekaman e-KTP, pembukaan KK dan Akta. ‘’Kalau pembukaan KK dan Akta dipastikan sehari jadi.’’ Ungkapnya.

Asalkan terang Darwis, semua persyaratan lengkap. Bahkan, persyaratan pun tidak dipersulit. Seperti kepengurusan KK, masyarakat hanya membawa foto copy KK lama. Kalau tidak ada, masyarakat hanya meminta surat pengatar dari Lurah dan Desa. Kemudian, kalau kepengurusan Akta, masyarakat hanya minta surat pengatar dari Lurah dan Desa. Kemudian, kalau kepengurusan Akta, masyarakat hanya membawa foto copy  KTP, KK dan surat nikah kedua orang tuanya. ‘’Pokoknya kami tidak ada yang dipersulit. Dan gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun,’’ ujarnya.

Namun apabila ada masyarakat yang menggunakan jasa perwakilan, pihaknya tidak akan meneriman dan mengurus berkasnya. Oleh karena itu, pihanya sarankan agar masyarakat bersangkutan yang langsung mengurus dokumen kependudukannya. ‘’Kalau ada yang gunakan jasa, kami tidak akan mengurusnya,’’ucapnya.

Perlu diketahui, tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. Apabila banyak masyarakat yang masih enggan mau ke kantor. Untuk itulah, pihaknya memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen  kependudukannya. ‘’Di Mandalika Expo hanya akan dilakukan empat hari, mulai tanggal 20-24 Oktober jelasnya.

Selain itu, tujuan dilakukan kegiatan tersebut untuk menekan penggunaan calo. Karena, tidak bisa dipungkiri, dalam kepengurusan dokumen kependudukan masih ada penggunaan calo. Dan itu tidak bisa kita bendung, karena masyarakat juga yang mengiginkan menggunakan calo tersebut, ‘’Terangnya.

Sehingga, pelayanan yang dilakukan melalui Mandalika Expo itu bertujuan untuk mempersempit masyarakat menggunakan calo. Bahkan, apabila masyarakat menggunakan calo, pihaknya tidak akan layani. ‘’Jadi kami himbau masyarakat silahkan datang berbondong-bondong ke Mandalika Expo membuat KK, Akta dan melakukan perekaman e-KTP pungkasnya.