h-darwis-30celmtg9fae54f5l6874a

BLANGKO e-KTP ADA NAMUN PELAYANAN KELILING TERUS DILAKUKAN

Blangko e-KTP hingga saat ini masih belum memadai dan pihak Dinas Pencatatan Sipil (Dukcapil) masih menunggak pulan ribu e-KTP kepada masyarakat. Demikian disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil, H.Darwis, SH rabu (13/9/2017) ditemui di Kantor Bupati.

Untuk itu, bagi masyarakat yang sehingga saat ini belum memiliki e-KTP maka tetap bersabar mengunakan KTP sementara karena KTP sementara itu masih bisa dipakai layaknya sebagaimana e-KTP pada umumnya.’’Silahkan pakai terus KTP sementaranya itu karena itu masih tetap berlaku bahkan bisa dipakai untuk membuat Paspor untuk naik haji,’’katanya.

Saat itu ungkap Kadis yang akrab disapa Abah Dos ini menyatakan, pihak oleh provinsi menerima droping blangko sebanyak 1000 lembar dalam waktu yang tidak tentu. Setiap mendapatkan droping blangko e-KTP maka 4 hari saja langsung habis dicetak. ‘’ini akibat masalah yang masih menjerat e-KTP dipusat seperti yang kita ketahui bersama. Jadi jumlah blangko sangat minims,’’ imbuhnya.

Sangat disadari oleh masyarakat was-was dan tentu merasa tidak nyaman karena KTP sementara yang dimiliki hanya berlaku selama bulan dan bila belum juga mendapatkan e-KTP tentu diperpanjangan. Karena saat ini tunggakan e-KTP di Dukcapil sudah mencapai  76832 e-KTP.’’Dan kita masih terus mengejar target agar kepemilikan identitas dasar masyarakat ini terus bisa terpenuhi,’’jelasnya.

Untuk mecapai target kepemilikan KTP dan Identitas dasar tersebut lanjut Abah Dos, pihaknya saat ini terus menerus setiap hari melakukan pelayanan keliling keseluruh kecamatan di Lombok Tengah. Bahkan untuk masing-masing kecamatan dilayani selama 4 ahri berturut-turut. Untuk itu bagi masyarakat yang belum memiliki KTP atau identitas lainya seperti akta kelahiran, KK dan yang lainnya dipersiapkan kekantor camat masing-masing untuk membuatnya.

Pada minggu saat ini lanjut Abah Dos, pelayanan keliling dilakukan dikecamatan Praya Barat, baru kemudian minggu depan tepatnya tanggal 18 sampai dengan 22 September di Kecamatan, tanggal 25 hingga 28 September di Kecamatan Jonggat, tanggal 2 hingga 5 Oktober di Kecamatan Batukeliang, kemudian 19 Oktober di Kecamatan Janapria, 23 hingga 26 Oktober di Kecamatan Praya Barat Daya, 30 Oktober hingga 2 November di Kecamatan Pujut, selanjutnya tanggal 6 hingg 9 November di Kecamatan Batukeliang Utara, 13 hingga 16 November di Kecamatan Praya Timur dan tanggal 20 hingga 23 November di Kecamatan Praya Tengah. Sementara untuk Kecamatan Kopang sudah dilaksanakan minggu lalu.

Abah Dos menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berbondong-bondong ke Kantor Camat masing-masing sesuai dengan jadwal yang sudah disebutkan. Dengan tetap syarat-syarat yang bisa ditanyakan di Kantor Desa masing-masing sejak sekarang. Sehingga begitu pelayanan keliling tiba, semua syarat sudah disiapkan.’’sayarat dan ketentuan tetap berlaku dan ingat semuanya gratis,’’pungkasnya.