download (9)

Program Entaskan Kemiskinan Dijalankan Sesuai Tahapan

Untuk menuntaskan kemiskinan, harus disesuaikan dengan bagaimana tahapan yang saat ini disusun bersama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Provinsi. Demikian disampaikan Sekda Lombok Tengah H. Nursiah, S.Sos,.M.Si Jumat (18/8) 2017 di Kantor Bupati.

Apalagi bila berbicara mengenai angka kemiskinan lanjut Sekda, maka harus diawali dengan bagaimana data warga miskin yang sesungguhnya, baik itu data bay name bay addrees mengenai kondisi kemiskinan mereka.”Dan barulah kita merencanakan berbagai program yang tepat diarahkan kepada masing-masing mereka sesuai dengan kondisi kemiskinannya, “jelasnya.

Setelah itu barulah, berbagaia program itu dilaksanakan oleh masing-masing dinas dan instansi terkait. Bagaimana management pelaksanaan program kemiskinan tersebut, setelah program dilaksanakan barulah sistem evaluasi harus berjlan dengan baik.”Nah bila ada program yang hasil ternyata kurang baik, barulah mencari tau apa sebab dan bagaimana solusinya,”imbuhnya.

HM Nursiah selaku Sekda sejauh ini melihat, tidak ada daerah yang menjalankan programnya atas ego sektoral masing-masing daerah. Semua dilaksanakan sesuai dengan tahapan dan data dari kemiskinan yang ada, termasuk di Lombok Tengah, juga dilaksanakan berdasarkan perencanaan dan data serta fakta kemiskinan yang ada di Lombok Tengah.

Di Lombok Tengah sendiri lanjut Sekda, angka kemiskinan terus berkurang dari tahun ketahun. Hal ini sejalan dengan terus meningkatnya index perekonomian di Lombok Tengah sesuai dengan laporan yang selalu disampaikan oleh badan Pusat Statistik (BPS) yang merupakan lembaga terpercaya dan bertugas mengelola data soal masyarakat tersebut.”Kita akan terus berusaha untuk entaskan kemiskinan ini hingga berada pada angka nol seperti yang diinginkan Pemprov, karena kita juga punya keinginan dan program yang sama soal entaskan kemiskinan ini,”pungkas Sekda