Jaga Kamtibmas Butuh Kerja Sama

Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Lomok Tengah (Loteng), akan terwujud jika seluruh komponen bersatu. Tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada Kepolisian, apalagi TNI.

“ Kalau masyarakat ikut berperan aktif, maka lain ceritanya, kata Dandim 1620/Loteng Letkol Inf. Is Abul Rasi kemarin (14/8). Ditingkat akar rumput diakui Is ada sejumlah lembaga keamanan yang sudah terbentuk. Sebut saja. Badan Keamanan Desa (BKD), Krama Desa dan Satpol PP. jika tiga komponen itu, bergabung menjalankan tugas dan fungsinya Kamtibmas bersama TNI/Polri, maka Gumi Tatas Tuhu Trasna dipastikan aman.

“Bila perlu, ayo kita bersama-sama menggelar patrol gabungan,”kata orang nomor satu dijajaran TNI Loteng tersebut. Ia pun siap, memburu para pelaku kejahatan, yang sudah diterapkan kepolisian sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO). Namun, dengan catatan dengan bekerja sama. Kendati demikian, tambah Is sejauh ini, kondusifitas daerah sudah terjaga dengan baik. Tinggal bagaimana mempertahankannya dan meningkatkan.”Sehingga, inilah pentingnya awik-awik desa itu,”kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jalaludin, terpisah.